Bahaya! Menyusui Sambil Main HP, Ini Sebabnya -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Bahaya! Menyusui Sambil Main HP, Ini Sebabnya

Wednesday, February 21, 2018

Hasil gambar untuk muslimah menyusui

Jakarta - Aktivitas menyusui jadi momen penting bukan hanya untuk bayi tapi juga ibu. Dengan menyusui, ibu dan bayi saling bersentuhan kulit, menatap, tahu posisi yang nyaman dan tidak nyaman tanpa harus berbicara satu kata pun.

Menyusui memang menciptakan ikatan batin yang kuat antara ibu dan buah hati. Untuk itu lah saat menyusui dianjurkan untuk fokus. Ibu tidak mencari kesibukan sendiri seperti bermain gadget. Pasalnya, bahasa tubuh saat ibu menyusui juga sangat dirasakan oleh bayi.

" Saya ingin sekadar meluruskan. Menyusui itu menegakkan ibadah. Ada kok tertulis di banyak surat di kitab. Jadi sebaiknya tidak disambi," ungkap dokter Utami Roesli, Sekretaris UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial IDAI.


Menyusui sambil bermain gadget akan menghilangkan momen bonding antara ibu dan bayi. Padahal momen tersebut sangat dibutuhkan keduanya demi merasa tenang dan produksi ASI selalu lancar.

Menurut Utami, selama menyusui ibu disarankan untuk memberi stimulasi pada bayi. Bisa berupa sentuhan, pijatan atau menyanyikan lagu anak-anak. Stimulasi yang diberikan langsung oleh ibu saat menyusui cenderung berdampak signifikan pada pembentukan kedekatan dan perkembangan psikologis bayi.

" Berikan stimulasi supaya bonding terjalin," ungkapnya.